Sudah Tau Awal Sepatu Sneakers

Sejarah awalnya sepatu sneakers ini berasal dari Amerika Serikat kurang lebih pada akhir tahun 1800 an, serta nama Keds yang merupakan perusahaan terbesar serta terkenal pada waktu itu yang mempeloporinya, dengan produksi dengan bahan kanvas yang kemudian melakukan penjualan secara masal mulai tahun 1917-an. Adanya istilah sneakers muncul karena ketika kita menggunakan sepatu jenis ini langkah kaki kita seperti atau seolah-olah tidak bersuara seperti menyelinap atau ( sneak ), seperti pada sepatu untuk berolahraga seperti untuk lari atau atletik, karena sepatu ini terbuat dari sol yang fleksibel yang terbuat dari bahan sintetis ataupun karet serta bagian atasnya terbuat dari kanvas.

Sneakers yang lebih memasyarakat dalam bahasa Indonesia yaitu sepatu jenis kets, karena yang nyaman, santai, fleksibel serta yang tak kalah pentingnya sepatu sneakers atau menurut kita kets yaitu trendinya. Definisi sneakers sendiri ialah sepatu yang berbahan dasar sol karet, jika clasic sneakers umumnya menggunakan bahan dasar denim atau kanvas sehingga sering disebut juga di Indonesia sebagai sepatu kanvas. Sneakers mengglobal kisaran pada tahun 1924-an menurut sumber seorang pria Jerman yang bernama Adi Dassler beserta saudaranya membuat sepatu sneakers dengan brand ” dassler “, sepatu ini dipakai untuk berolahraga hal yang paling pentingnya untuk atletik yang kemudian melahirkan merk atau brand kenamaan seperti Puma dan Adidas.

sneakers

Pada tahun 1980-an Nike mencoba membuat produksi di China dalam kemitraan dengan perusahaan milik negara, tapi hal ini mendatangkan bencana. Nike memindahkan investasinya ke Negara Taiwan, Nike mendapatkan ongkos yang lebih murah tenaga kerja di Taiwan tersebut. Seiring berjalannya waktu pada akhir tahun 1980-an dengan adanya pergolakan perburuhan di Korea Selatan dengan adanya peningkatan tingkat upah di negara tersebut sehingga kurang menarik bagi investor baik asing maupun dalam negeri, Nike yang merupakan brand terbesar mencari lokasi yang lebih baik , kemudian Nike memindahkan investasinya ke Indonesia serta Thailand Selatan dalam mencari tenaga kerja yang lebih murah, produktif tentunya tidak merepotkan.

Dari ketujuh pemasok sepatu olahraga pada tahun 1992 tiga adalah perusahaan yang berasal dari Taiwan yang memproduksi produknya dari China tiga lainnya dari Korea Selatan dan juga di Indonesia, satu adalah perusahaan dari Thailand.

Nike telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1988, hampir sepertiga sepatu yang dipasuk dari sana. Perusahaan yang berada di Indonesia digunakan terdiri dari 11 kontraktor, diantaranya perusahaan bekas-bekas basis asosiasi Nike di Korea Selatan dan Taiwan yang juga pada saat yang sama menghasilkan untuk brand-brand yang lainnya seperti Reebook, Puma, serta Adidas Hubungan antara Nike dan kontraktor di Indonesia cukup dekat.

Setiap personel Nike di setiap pabrik di Indonesia memeriksa kualitas dan pengerjaan yang memenuhi persyaratan ketat Nike. Sebagian besar pabrik yang memproduksi untuk Nike berlokasi di daerah yang baru dikembangkan untuk industri ringan di Tangerang dan Serang, sebelah barat Jakarta. Pada pabrik yang dimiliki Korea (dan beberapa yang dimiliki Indonesia juga) manajemen puncaknya dipegang oleh orang Korea.

sneakers

Manajer tingkat menengah dan supervisor juga dapat berasal dari Korea atau Indonesia. Tapi para pekerja produksi semua berasal dari Indonesia, terutama wanita muda dalam kelompok usia 16-22, biasanya pekerjaan tersebut berasal dari pulau Jawa.

Baca Juga: Kerudung Salah Satu Fashion Wajib Saat Ini

Demikian sekilas perkembangan sepatu sneakers dari asal mulanya sneakers tersebut yang ternyata sudah ada pada zaman dahulu yang asal muasalnya dari leluhur Negeri barat yang kemudian merambah ke berbagai benua juga merambah pula ke berbagai negara termasuk di Asia sendiri khususnya Asia Tenggara seperti Indonesia dan Thailand yang semakin kesininya semakin berkembang pesat juga dengan model, gaya, desain yang kekinian menurut zaman now sekarang ini sepatu sneakers banyak digemari, digandrungi oleh setiap kalangan baik kaum muda maupun kaum dewasa, yang mungkin selama ini sneakers identiknya trendi banget tidak cocok untuk acara formal, tapi dengan perkembangan teknologi serta perkembangan zaman sepatu sneakers ini mengikuti ke arah sana, karena sifatnya yang fleksibel, nyaman, ringan serta kelihatan elegan tidak salah lagi pilihan kita sepatu sneakers sebagai pilihan diantara sepatu yang lainnya.

Informasi yang kami sampaikan mengenai Sudah Tau Awal Sepatu Sneakers merupakan informasi bersifat umum, bertujuan untuk menambah wawasan pembaca dan bukan menggantikan saran dari para ahli dibidangnya. Apabila ada kesalahan atau sumber Sudah Tau Awal Sepatu Sneakers yang berkaitan dengan hal tersebut segeralah informasikan kepada kami melalui acount sosial media atau kolom komentar.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *